-->

Pesantren Attahdzib

Pesantren Attahdzib

Pesantren Attahdzib ; Pelatihan Pembenihan Ikan Lele

Dengan Pelatihan Ini Kita Tingkatkan Jiwa Wirausaha Santri & Masyarakat Dalam Rangka Terciptanya Masyarakat Yang Mandiri

 Attahdzib-(27/03/2014). Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Banyuwangi melalui Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Dan Perikanan (P2MKP) At-Tahdzib melaksanakan Pelatihan Pembenihan Ikan Lele dengan mengusung Tema : “Dengan Pelatihan Ini Kita Tingkatkan Jiwa Wirausaha Santri & Masyarakat Dalam Rangka Terciptanya Masyarakat Yang Mandiri” di Pesantren Attahdzib Rejoagung Ngoro Jombang Jawa Timur. Acara yang berlangsung selama empat hari ini (27-30 Maret 2014) diikuti oleh 20 peserta.

Dalam sambutannya, Agus Ali Mahruzi yang mewakili P2MKP At-Tahdzib mengungkapkan, bahwa Pelatihan Pembenihan Ikan Lele ini merupakan satu peluang usaha yang dapat dikembangkan yang menguntungkan, dan kemungkinan setelah kita kembali dari Pesantren tidak semua santri atau Alumni menjadi Ulama’, Juru Dakwah, tetapi ada juga yang menjadi wirausaha.
Ali Mahruzi menambahkan, bahwa saat kita pulang dari Pesantren tidak cukup hanya ilmu agama saja, tetapi ilmu wirausaha juga harus kita, karena kita dihadapkan dengan masyarakat luas yang berbagai macam ragam bentuk dan corak. Maka dari itu kita berusaha menjadi santri yang serba bisa di dalam segala bidang.
Dengan adanya pelatihan ini kita ikuti sebaik mungkin, apa-apa yang nantinya disampaikan oleh Fasilitator/Instruktur benar-benar bisa kita kembangkan dengan maksimal dan membuahkan ilmu dan pengalaman yang luar biasa.
Dalam Pembenihan Ikan Lele banyak sekali segmen yang harus kita kuasai diantaranya : Usaha Produksi Larva, Usaha Pendederan I (1-3 cm), Usaha Pendederan II (3-5 cm), Usaha Pendederan III (5-8 cm), Usaha Pendederan IV (8-12 cm), Usaha Pengumpul Benih, Usaha Pembesaran I (6-10 ek/ kg), Usaha Pembesaran II (1-2 ek kg), Usaha Produksi Calon Induk, Usaha Pedagang Eceran Konsumsi / Daging LELE, Usaha Rumah Makan (LELE Bakar/Goreng/Sop), Usaha Makanan berbahan baku ikan LELE dan seterusnya ujar pelatih.
Sementara itu dalam acara penutupan, Pengasuh Pesantren Attahdzib mengungkapkan bahwa ; sedikit banyak yang telah disampaikan itu semua adalah sebuah ilmu yang perlu kita amalkan dan kembangkan, kemudian bahwa para santri setelah pulang dihadapi masalah yang dituntut untuk memberikan nafkah baik dirinya sendiri maupun keluarganya. Oleh sebab itulah pelatihan semacam ini sangatlah perlu kita ikuti dengan baik.
Dengan harapan kita semua bisa, mewujutkan misi dan visi Pesantren Attahdzib yakni : “Menjadi Pesantren Salaf yang Kokoh dengan Pilar-Pilar Akhlak Mulia dan Kecerdasan Spiritual–Emosional–Intlektual”. Sedang misi PA adalah "Mencetak Kader Intelek yang Wali dan Wali yang Intelek" Istilah "Intelek" dimaksudkan mampu menguasai ilmu pengetahuan dan mampu mengaplikasikannya. Sedangkan istilah "Wali" dimaksudkan hatinya senantiasa berdzikir kepada Allah SWT dan Takhalluq bi Akhlaqi Rasulillah SAW.Visi dan misi ini ditegakkan di atas prinsip-prinsip moral islami dan akhlak mulia (al-akhlaq al-karimah). Semoga kita sebagai santri bisa menjadi santri yang handal, yang sesuai dengan harapan pendiri dan sesepuh Pesantren Attahdzib. MAR.
Lebih baru Terlama

Related Posts

Subscribe Our Newsletter